Beberapa waktu lalu pernah dirilis artikel tentang game Tebak Gambar buatan lokal yang masuk ke jajaran game terpopuler di Google Play dalam waktu yang bisa dibilang sangat singkat. Bagi pengembang aplikasi, pertanyaan yang muncul di benak masing-masing mungkin adalah “Bagaimana bisa begitu?”.
Pencapaian
Sebelum menjawab pertanyaan tersebut dan membahasnya lebih dalam, mari kita lihat pencapaiangame Tebak Gambar:
- Diunduh lebih dari 100.000 kali dalam kurun waktu 17 hari (rata-rata sekitar 5.800 unduhan per harinya).
- Mendapatkan lebih dari 1.5000 rating dari pengguna dengan rating rata-rata 4,5 hingga saat ini.
- Masuk ke jajaran “Top Free in Games” di Google Play, bersanding dengan game dari publisher kelas atas.
Data pencapaian game “Tebak Gambar” dari AppBrain
Strategi
Agar dapat menarik banyak unduhan di Google Play, menurut saya game Tebak Gambar memiliki beberapa tantangan utama di antaranya adalah judul game Tebak Gambar itu sendiri menggunakan kata-kata generik yang sudah sering digunakan di Google Play dan juga sudah banyak game sejenis yang dirilis di Google Play.
Lalu bagaimana game “Tebak Gambar” menghadapi tantangan di Google Play untuk mendorong jumlah unduhan? Berikut adalah beberapa strategi yang digunakan oleh game ini:
- Game dibuat berdasarkan model dan basis massa yang sudah ada sehingga mempermudah pemasaran game. Basis dari game ini bisa dilihat di akun Facebook dan Twitter dari TebakGambar.
- Promosi silang antara game Tebak Gambar dengan akun-akun komunitas di jejaring sosial dan media untuk menjaring banyak pemain game-nya ketika diluncurkan.
- Materi promosi di Google Play yang menarik seperti icon, screenshot, dan deskripsi aplikasi.
- Game tidak dibuat dengan asal-asalan baik dari tampilannya maupun cara bermainnya.
Perbandingan icon antargame Tebak Gambar di Google Play
“Butuh waktu yang panjang sebetulnya dibalik cepatnya game Tebak Gambar merangkak naik di Google Play”
Basis massa yang sudah ada dari game Tebak Gambar ditambah dengan strategi pemasaran yang tepat menurut saya adalah faktor yang paling berpengaruh dalam mendorong unduhan game Tebak Gambar dengan cepat. Walaupun di Google Play unduhannya merangkak dengan cepat, namun basis massa mereka di jejaring sosial tidak dibangun dalam waktu yang singkat.
Seperti yang dapat dibaca di DroidEmpire, awalnya Tebak Gambar adalah game di Facebook dan Twitter dengan dibantu promosi melalui forum Kaskus. perjalanannya tidak mudah dalam mengembangkan game di jejaring sosial. Butuh waktu berbulan-bulan dan komitmen yang kuat untuk mengembangkan game-nya di jejaring sosial agar menjadi besar. 6 bulan setelah game Tebak Gambar lahir di jejaring sosial, baru lah mulai dikembangkan versi Android-nya.
Untuk pemasarannya, game Tebak Gambar melakukan promosi silang dengan berbagai komunitas dan media seperti Droid Indonesia dan Droid Empire. Seperti yang dikutip dari Segitiga.Net, Tebak Gambar memasang logo partner di dalam game-nya dan partner mereka mempromosikan gameTebak Gambar. Mirip dengan apa yang dilakukan oleh para blogger yaitu saling bertukar tautan blognya dalam memasarkan blog mereka.
Dengan tingginya peningkatan jumlah unduhan game Tebak Gambar di Google Play, secara otomatisgame ini masuk ke jajaran game terpopuler di Google Play yang sudah pasti berdampak ke peningkatan jumlah unduhan game-nya secara organik
Game Tebak Gambar di Google Play walaupun sekilas tampak berkembang dengan cepat, namun di belakangnya ternyata game ini membutuhkan proses yang cukup lama dan perjuangan yang tidaklah kecil.
Source : Journaltekno
0 komentar:
Posting Komentar